Pendidikan Geografi UIN Suska Riau Bangun Kerjasama dengan MGMP Geografi Kota Pekanbaru

Dalam rangka memperluas penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Geograi UIN Suska Riau difasilitasi oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan membangun kerja sama dengan MGMP Geografi SMA dan MGMP Geografi MA Kota Pekanbaru. Kegiatan penandatanganan kerja sama sendiri dilakukan dalam rangkaian Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas Tarbiyah bersama dengan seluruh program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau beserta stakeholder, Kamis 2 Desember 2021.

Adapun kerjasama ini mencakup aspek-aspek Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan-kegiatan pendidikan mencakup kegiatan workshop dan seminar, pembinaan KSM dan KSN, Integrasi keilmuan, pembekalan Myres untuk karya ilmiah siswa dan sebagainya. Kegiatan penelitian mencakup pengembangan kajian-kajian penelitian kolaboratif di bidang pengajaran geografi dan pemanfaatan ICT. Sedangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mencakup pemberian konsultasi untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang pengajaran geografi.

Ketua MGMP Geografi Madrasah Aliyah (MA) Kota Pekanbaru Lily Apriyana S.Pd., M.Pd. mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan kerjasama ini. Selama ini guru-guru Geografi Kota Pekanbaru tidak memiliki induk di perguruan tinggi karena belum adanya Program Studi Pendidikan Geografi di seluruh Provinsi Riau. Kondisi ini menyebabkan Guru Geografi tidak memiliki tempat sharing kajian ketika terjadi kendala dalam pengajaran Geografi. Lily Apriyana melanjutkan bahwa guru di MA membutuhkan pembinaan untuk penelitian Geografi terutama karena adanya kegiatan Myres atau Madrasah Young Researchers Super Camp yang diadakan oleh Dirjen Madrasah Kementerian Agama. Kehadiran Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau disambut hangat dan gembira oleh guru geografi.

Senada dengan Ketua MGMP MA, Ketua MGMP SMA Kota Pekanbaru Lusi Anita, S.Pd. juga mengungkapkan hal yang sama. Materi-materi Geografi di sekolah menengah saat ini mengalami perubahan pesat, sehingga guru kesulitan untuk menyampaikan topik-topik tertentu terutama berkaitan dengan pemetaan, penginderaan jauh, sistem informasi geografis, tata guna lahan, dan penelitian geografi. Karena itu diharapkan dari kerjasama ini dapat dilakukan kegiatan-kegiatan bersama yang dapat meningkatkan kompetensi kedua pihak.

Kedua kelompok MGMP Geografi Kota Pekanbaru baik MA maupun SMA mengharapkan, Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau dapat menjadi tempat sharing serta melakukan berbagai kegiatan pelatihan dan workshop bagi guru-guru Geografi se-Kota Pekanbaru. Realisasi kegiatan akan dibahas pada pertemuan MGMP Geografi dan akan dituangkan dalam program kegiatan semester MGMP Geografi.*

 

About Hendra Saputra

Check Also

Informasi Pendaftaran Reguler KKN 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
27 × 6 =