Pendidikan Geografi UIN Suska Riau Bangun Kerjasama dengan Pendidikan Geografi UNP

Tridharma perguruan tinggi menuntut proses pengembangan berkelanjutan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia nyata dan perkembangan bidang keilmuan kekinian. Pengembangan kurikulum, pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat membutuhkan pemahaman terhadap perkembangan keilmuan serta kebutuhan dan kebermanfaatan.

Sebagai program studi baru di lingkungan UIN Suska Riau, Program Studi Pendidikan Geografi memahami pentingnya memahami perkembangan keilmuan dan kebutuhan serta kebermanfaatan ini. Dalam upaya mencapai nilai-nilai tersebut, Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau merasa perlu untuk belajar dari program studi sejenis di lingkungan perguruan tinggi lain yang lebih tua, berpengalaman dan mapan dalam penerapan tri dharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan bidang kegeografian.

Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang dipilih oleh Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau sebagai mitra kerjasama. Proses pembangunan kerja sama ini terasa lebih mudah dan mungkin untuk dilakukan karena berbagai aspek di antaranya karena sudah ada MoU antara pihak UIN Suska Riau dengan Universitas Negeri Padang yang sudah berlangsung lama dan diperbaharui pada tahun 2021 ini yang menjadi payung besar kerjasama ini untuk diturunkan ke dalam aspek-aspek yang lebih rinci.

Penandatanganan MoU UIN Suska Riau dengan Universitas Negeri Padang 2021

Di Samping itu pihak Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau juga sudah pernah melakukan perbincangan awal tentang rencana kerjasama dengan jurusan Geografi UNP pada tahun 2019 sebelum pandemi merebak. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kematangan Program Studi Pendidikan Geografi UNP sebagai program studi yang berdiri sendiri diantara 3 program studi lainnya di Geografi UNP maupun sebagai program studi yang  terintegrasi secara utuh bersama program studi lainnya. Kualitas dan kuantitas tenaga pengajar didukung infrastruktur pendukung yang baik. Saat ini misalnya Jurusan Geografi UNP memiliki 5 (lima) buah laboratorium kegeografian yang sangat representatif dan dalam proses membangun 2 (dua) buah laboratorium yang baru. Program Studi Pendidikan Geografi UNP juga sudah terakreditasi A dan Unggul juga sudah terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional dari Jerman yakni ASIIN. Program Studi Pendidikan Geografi UNP sangat berpengalaman dalam pengembangan pendidikan hingga pembangunan laboratorium dan banyak mendapatkan hibah pembangunan laboratorium.

Ketua Prodi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau dan Ketua Prodi Pendidikan Geografi UNP Didamping Ketua Juruan Geografi UNP saat Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Kegiatan penandatanganan kerjasama ini sendiri dilakukan pada Jum’at, 15 Oktober 2021 yang dilakukan di Ruang Jurusan Geografi UNP.  Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau diwakili oleh Ketua Program Studi Dr. Muslim, M.Ag sedangkan Program Studi Pendidikan Geografi UNP diwakili oleh Ketua Program Studi Dr. Ernawati, M.Si didamping oleh Ketua Jurusan Geografi Dr. Arie Yulfa, M.sc. Adapun kerjasama ini mencakup berbagai aspek pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi hingga rancangan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Diantaranya aspek pendidikan ; kuliah dosen tamu, narasumber kuliah umum, pembimbingan dan penilaian tugas akhir mahasiswa, penulisan buku dan bahan ajar dosen, pelaksanaan KKL, pendampingan pengembangan kurikulum, hingga pendampingan pengembangan labor.

Adapun aspek penelitian dan pengembangan keilmuan mencakup ; pertukaran naskah jurnal, pelibatan reviewer, serta penelitian dan penulisan karya ilmiah bersama. Aspek pengabdian kepada masyarakat ; pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bersama serta penulisan dan publikasi bersama jurnal pengabdian. Tidak hanya meliputi pelaksanaan tri dharma namun kerjasama ini diharapkan juga menjangkau program-program penunjang seperti pelaksanaan forum-forum ilmiah bersama, pembinaan dosen dan mahasiswa, hingga visit and exchange lectures. Kerjasama ini diharapkan tidak hanya menjadi dokumen PKS dan MoU saja, akan tetapi mampu terus dijalankan secara berkelanjutan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

About hendra

Check Also

Mengapa Terjadi Gempa di Pasaman Barat dan Benarkah Diikuti Liquifaksi?

Jum’at pagi (25/02/2022) masyarakat di tiga Provinsi yakni Sumatera Barat, Riau, dan Sumatera Utara dikejutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
28 + 25 =