KOMPETENSI GEOGRAFI ABAD 21

  1. Literasi dan Numerasi

Literasi Geografi adalah kemampuan menggunakan konsep Geografi untuk dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan fenomena ilmiah serta menggambarkan fenomena geografi tersebut berdasarkan bukti-bukti ilmiah. Kemampuan literasi Geografi digunakan untuk memahami makna dari suatu tulisan tentang Geografi maupun dalam bentuk peta, grafik, diagram, citra satelit, foto udara dan materi visual lainnya.
Numerasi Geografi adalah kemampuan untuk mengaplikasikan informasi kuantitatif yakni konsep bilangan, grafik, diagram, tabel dan keterampilan operasi hitung yang terkait dengan fenomena Geografis di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi yang ada di sekitar kita dan/atau di permukaan bumi yang lebih luas. Kemampuan numerasi Geografi dibutuhkan untuk menganalisis dan menjawab pertanyaan Geografis. Peserta didik dapat menghitung, mengukur, menafsirkan data statistik, memahami koordinat bumi, skala, jarak, luas dan proyeksi peta.

2. Kompetensi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Penguasaan TIK dibutuhkan dalam pembelajaran Geografi yaitu berkaitan dengan penggunaan: Globas Positioning System (GPS), analisis citra dan Sistem Informasi Geografi (SIG) Keterampilan TIK diperlukan untuk membuat, mengelola, mempresentasikan dan menganalisis data spasial

3. Berpikir Kritis & Kreatif

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif adalah bagian integral dari seluruh kegiatan di sekolah karena dalam proses pembelajaran dibituhkan nalar, logika, imajinasi, dan divergensi (berpikir alternatif).

4. Berpikir Keruangan (Spatial Thinking)

Berpikir Keruangan adalah penalaran yang menemukan makna suatu bentuk, ukuran, orientasi, lokasi, arah, objek, proses atau fenomena, atau posisi relatif dalam ruang dari banyak obyek, proses atau fenomena.

5. Keterampilan Geografis (Geographical Skill)

Keterampilan Geografis adalah teknik yang diperlukan bagi peserta didik untuk berpikir secara Geografis, yaitu dengan suatu pendekatan yang unik dalam memahami pola dan proses fisik dan manusia di permukaan bumi. Keterampilan Geografis digunakan dalam membuat keputusan penting dalam kehidupan sehari-hari.

6. Kompetensi Personal, Sosial dan Kolaborasi

Kompetensi Personal adalah keterampilan hidup seseorang dalam memahami dan mengelola diri sendiri, hubungan mereka dengan kehidupan sosialnya, di lingkungan belajar dan pekerjaan secara efektif
Kompetensi Sosial adalah kemampuan atau kecakapan individu untuk berhubungan dengan orang lain dan situasi-situasi sosial, yaitu mengetahui pola-pola prilaku yang bisa diterima dalam berbagai situasi sosial dan mampu menerapkannya sesuai dengan tuntutan yang dihadapi
Kompetensi Kolaborasi adalah kemampuan berpartisipasi dalam setiap kegiatan bersama dalam komunitasnya dengan cara membina hubungan baik dengan orang lain, saling menghargai, bertanggung jawab dalam kerja tim untuk mencapai tujuan yang sama.

7. Etika & Prilaku Multikultural

Salah satu materi dalam Pelajaran Geografi adalah memahami persepsi manusia terhadap lingkungan alam dan sosialnya serta memahami keragaman budaya yang terbentuk di permukaan bumi. Nilai Pendidikan Geografi adalah mengembangkan karakter peserta didik untuk toleran terhadap perbedaan sebagai suatu keragaman permukaan bumi, sehingga nilai-nilai Pancasila diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Kewarganegaraan-Keruangan (Spatial Citizenship)

Kewarganegaraan Spasial adalah kemampuan individu/ kelompok untuk berinteraksi & berpartisipasi dalam pengambilan Keputusan di masyarakat yang berkaitan dengan tata lingkungan (keruangan) baik secara langsung maupun Geomedia (media geografis, seperti: Peta, citra satelit SIG maupn GeoWeb).

About hutririzki amelia

Check Also

MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU KUNJUNGI BMKG

Pekanbaru, Senin (13/05/2024) Mahasiswa Pendidikan Geografi UIN Sultan Syarif kasim Riau melakukan kunjungan praktikum di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *