Program Studi Pendidikan Geografi Laksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Desa Rumbio 2021

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) atau field study dan ada yang menyebutnya outdoor study dalam geografi merupakan salah satu strategi pembelajaran di samping pembelajaran dalam ruang (indoor study). Studi lapangan merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan dalam studi geografi. Oleh karena itu dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi FTK UIN Suska Riau, Kuliah Kerja Lapangan (KKL) menjadi mata kuliah wajib.

Kuliah Kerja Lapangan pada Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau dibagi menurut rumpun besar ilmu geografi yakni rumpun Geografi Fisik dan rumpun Geografi Sosial. Sedangkan untuk rumpun Geografi Teknik, praktik dan kuliah lapangan dilakukan berdampingan dengan mata kuliah di bawah rumpun Geografi Teknik tersebut. Rumpun Geografi Fisik menjadi Kuliah Kerja Lapangan Geografi Fisik dan rumpun Geografi Sosial menjadi Kuliah Kerja Lapangan Geografi Sosial, yang masing-masing memiliki bobot 1 sks. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Geografi Fisik dilaksanakan oleh mahasiswa semester 4 dan KKL Geografi Sosial dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6.

Kuliah Kerja Lapangan ( KKL) Prodi Pendidikan Geografi merupakan bagian aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan sekaligus pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini direalisasikan dalam bentuk mata kuliah dan telah dijadikan kurikulum inti dalam kurikulum nasional pada Prodi Pendidikan Geografi.

Tahun 2021 kegiatan KKL prodi pendidikan geografi UIN Suska Riau dilaksanakan pada tanggal 24-26 September bertempat di Nagari Rumbio – Kampar, yang mana diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6. Disana, mahasiswa memang dituntut untuk dapat memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi serta dapat menjadi tahu letak sumber daya alam dan memanfaatkannya secara arif dan memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat yang ada di kenagarian Rumbio – Kampar tsb.

 

Satu hal yang berbeda saat itu,yang mana menjadi KKL perdana dan sekaligus pertemuan perdana bersama kakak tingkat dan para dosen bagi angkatan 2020 yang mana selama ini hanya bertemu secara virtual saja. Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi mereka.

About ismail kincai

Check Also

Informasi Pendaftaran Reguler KKN 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
7 − 6 =