PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI UIN SUSKA RIAU KEMBALI MELAKSANAKAN KEGIATAN KULIAH DOSEN TAMU

Guest Lecturer Program adalah agenda akademik yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Geografi FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ini dilkasanakan pada hari Kamis, 6 Juni 2024 di Aula FTK Lantai III. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meeting, dengan mendatangkan narasumber dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, yaitu Bapak Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T, M.T. Kegiatan Kuliah Dosen Tamu mengusung tema “Bunga Rampai Hidrogeologi Riau”.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Prodi Pendidikan Geografi, yaitu Bapak Dr. Muslim, M.Ag, dalam sambutannya beliau berharap selain pertukaran ilmu pengetahuan dapat dilanjutkan dengan kolaborasi antara Pendidikan Geografi FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB dalam bentuk kegiatan lainnya seperti Workshop untuk mahasiswa serta kolaborasi penelitian dosen.

Acara selanjutnya adalah kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T, M.T. Beliau memaparkan bahwa kondisi hidrogeologi di Provinsi Riau memiliki karakteristik yang dipengaruhi oleh topografi, jenis batuan, dan iklim daerah tersebut. Provinsi Riau terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang bervariasi, dengan dataran rendah lebih dominan. Daerah pesisir memiliki banyak rawa dan lahan gambut, yang berpengaruh pada kondisi air tanah. Lahan gambut yang luas di daerah pesisir mempengaruhi kapasitas penyimpanan dan aliran air tanah. Air tanah di Riau umumnya berasal dari curah hujan yang meresap melalui tanah dan batuan. Di daerah gambut, air tanah seringkali lebih asam dan mengandung bahan organik yang tinggi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya-jawab. Kuliah Dosen Tamu kali ini di hadiri oleh Pimpinan Prodi dan Dosen-dosen Pendidikan Geografi serta 124 Mahasiswa Pendidikan Geografi.

About hutririzki amelia

Check Also

MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI UIN SUSKA RIAU IKUTI AICOIES 2024 PADA ACARA FORDETAK

 Ajang 3rd Annual International Conference on Islamic Education for Student (AICOIES) yang merupakan bagian tak terpisahkan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *