Rasa Haru dan Syukur Mengiringi Peringatan Milad ke-4 Program Studi Pendidikan Geografi

Foto : Alm. Ummi Dr. Hj. Nurasmawi, M.Pd, salah seorang tokoh penting dibalik berdirinya Program Studi Pendidikan Geografi

Bulan maret menjadi bulan penting bagi Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Persis tanggal 19 Maret 2018 atau lebih kurang 4 tahun lalu Program Studi Pendidikan Geografi dinyatakan resmi berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI No. 291/KPT/I/2019. Peringatan tahun ke-4 berdirinya Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau kali ini dilaksanakan dengan perasaan yang campur aduk. Perasaan haru mengawali pembukaan acara ketika ketua Program Studi Pendidikan Geografi Dr. Muslim, M.Ag. menyampaikan bahwa program studi ini lahir berkat usaha luar biasa dari Alm. Ibu Dr. Hj. Nurasmawi, M.Pd yang baru saja dipanggil menghadap sang khalik akhir tahun 2021, tepatnya bulan November 2021. Ketua Prodi Pendidikan Geografi juga mengajak semua dosen dan mahasiswa untuk menyampaikan do’a untuk almarhum Ibu Dr. Hj. Nurasmawi, M.Pd. yang biasa dipanggil Ummi.

 

Namun kepergian beliau meninggalkan banyak jasa yang hari ini bisa dirasakan oleh semua civitas akamedika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, Program Studi Pendidikan Geografi salah satunya. Memasuki tahun ke-4 sejak dinyatakan berdiri, Program Studi Pendidikan Geografi yang menerima mahasiswa pertama pada periode perkuliahan Juli-Desember 2018 telah berhasil meluluskan 5 orang mahasiswa angkatan pertama yang dinyatakan lulus pada semester 7 dan memenuhi ketamatan tepat waktu (KTW). Artinya 10 % mahasiswa sudah dinyatakan lulus dari 50 orang mahasiswa angkatan, sementara 42 orang lainnya sudah melaksanakan ujian proposal dan melakukan penelitian tugas akhir skripsi per bulan maret ini. Dengan demikian diharapkan, seluruh mahasiswa angkatan pertama dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Program Studi Pendidikan Geografi sejauh ini juga sudah memperoleh Akreditasi “Baik” dari BAN-PT berdasarkan proses visitasi dan akreditasi tahun 2020. Jumlah peminat Program Studi Pendidikan Geografi juga terus meningkat setiap tahun, mahasiswa baru diterima melalui berbagai jalur masuk perguruan tinggi terutama SNMPTN, SBMPTN, Jalur Prestasi, hingga Jalur Mandiri.

Foto : Ujian Munaqasyah (Ujian Skripsi) Mahasiswa Angkatan Pertama Program Studi Pendidikan Geografi

Kegiatan Peringatan Milad atau Ulang Tahun Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 18 dan 19 Maret 2022. Kegiatan hari pertama merupakan kegiatan yang bersifat seremonial yang dilaksanakan secara khidmat dalam suasana sederhana di lantai 3 gedung PMU Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Ketua Program Studi Pendidikan Geografi juga mengapresiasi langkah cepat tanggap panitia dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang mengambil langkah cepat memindahkan kegiatan ke lantai atas gedung fakultas ketika terdapat kendala dalam penyediaan tenda kegiatan yang direncanakan semula. Langkah-langkah ini sekaligus menunjukkan karakteristik yang kuat bahwa mahasiswa siap dan bisa survive dalam kondisi seperti apapun dengan pemikiran kreatif dan antisipatif. Kegiatan puncak pada hari pertama ditandai dengan pemotongan tumpeng Milad Program Studi Pendidikan Geografi, yang kemudian diserahkan kepada Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. H. Kadar, M.Ag.

Foto : Penyerahan Potongan Tumpeng Pertama oleh Ketua Prodi bersama Perwakilan Mahasiswa kepada Dekan FTK

Rangkaian kegiatan pada hari pertama juga diselingi oleh penampilan minat dan bakat dari mahasiswa Pendidikan Geografi, dan juga pemaparan materi oleh tiga orang dosen muda Almegi, Ismail, dan Hendra Saputra  tentang sejarah berdiri Pendidikan Geografi UIN Suska, hingga prospek alumni ke depan, dimana alumni Pendidikan Geografi diharapkan tidak hanya dapat menyelesaikan dengan hanya membawa gelar dan ijazah akan tetapi juga serangkaian kompetensi afektif, kognitif dan psikomotor. Keahlian-keahlian bidang geospasial sangat dituntut sebagai nilai tambah sekaligus nilai lebih bagi alumni Program Studi Kegeografian yang oleh Badan Informasi Geospasial disebut sebagai Geografer termasuk alumni Pendidikan Geografi. Mahasiswa diharapkan juga memiliki keahlian yang juga didukung oleh sertifikat keahlian dari berbagai lembaga sertifikasi profesi seperti LSP-Geospasial, BIG, hingga sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Peringatan Milad ke-4 Program Studi Pendidikan Geografi ditutup pada hari kedua dengan kegiatan olahraga dan pertunjukkan seni. Kegiatan pertandingan olahraga antar dosen dan mahasiswa dilaksanakan dengan suasana kekeluargaan pada hari sabtu, 19 Maret 2022.

About hendra

Check Also

Realisasikan Kerjasama, Pendidikan Geografi UIN Suska Riau Berikan Pelatihan untuk MGMP Geografi Kota Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau memberikan workshop materi peta, penginderaan jauh, dan sistem …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
21 × 22 =