Peran Penting Geografi Sebagai Sebuah Ilmu

Geografi sebagai sebuah ilmu tentunya memiliki peranan tersendiri dalam kehidupan. Menurut J. A Spork dan O. Tulippe, geografi memiliki empat peranan dasar, yaitu

1.Geografi sebagai suatu sintesa

Dalam ruang lingkup geografi telah dikemukakan bahwa geografi dapat menjawab pertanyaan what, where, why, when, dan how terhadap suatu fenomena. Proses studi dalam menjawab pertanyaan tersebut pada hakikatnya adalah suatu sintesis. Sebagai suatu sintesis,geografi dapat mengungkap apa yang menjadi pokok suatu penelaahan, lokasi keberadaannya, penyebab pokok penelaahan, bagaimana kualitasnya, mengapa terjadi dan bilamana terjadinya. Melalui sintesis ini kita akan dapat mengungkapkan pokok persoalan seputar fenomena geosfer, termasuk penyebaran dalam ruang, relasinya dan variable lain dan lain sebagainya sehingga akan menjadi suatu deskripsi utuh.

2.Geografi sebagai suatu pengkajian hubungan gejala keruangan

Peranan yang kedua ini lebih jauh dan mendalam dari sebuah sintesis di atas. Dalam mengkaji hubungan/relasi keruangan, variable – variable yang terkait harus diteliti dengan benar. Terjadinya suatu fenomena di  atas permukaan bumi sering kali berkaitan dengan gejala yang timbuk kemudian. Hubungan atau relasi dalam ruang yang intens dan berkelanjutan dapat mengkonstruksi suatu model atau teori – teori baru. Dalam teori tersebut tentunya akan diperoleh faktor – faktor yang melandasi terjadinya relasi tersebut.

3.Geografi sebagai ilmu tata guna lahan

Pertumbuhan penduduk yang tinggi saat ini akan berpengaruh pada pendayagunaan ruang permukaan bumi itu sendiri. Kehidupan penduduk dewasa ini memerlukan peningkatan sarana penunjang baik kuatlitas dan kuantitasnya. Melalui pengkajian geografi prinsip pendayagunaan ruang dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas lahan dengan meminimalisir dampak negatif serendah mungkin. Perencaan wilayah sangat dibutuhkan untuk menekan ketimpangan sosial dan ekologis.

4.Geografi sebagai bidang ilmu penelitian

Sebagai ilmu penelitian geografi memiliki 2 peran, yaitu melaksanakan penelitian untuk mengembangkan dan meningkatkan teori – teori baru dalam geografi agar isi dari keilmuan geografi semakin baik dan kredibel dalam kehidupan. Kedua melaksanakan penelitian yang bersifat praktis dalam arti untuk memecahkan kepentingan kehidupan secara langsung.

 

sumber : Geograph88

About Charli Ramadani

Check Also

Perpanjangan Masa Belajar Satu Semester Bagi Mahasiswa yang Masa Belajar Berakhir pada Semester Genap 2021-2022

Dalam rangka mengindahkan surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor : 0431/E/KM.00.02/2022 tanggal 31 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
15 + 10 =