KULIAH DOSEN TAMU “PEMANFAATAN WEB-GIS UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI”

Program Studi Pendidikan Geografi UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada hari Rabu, 29 Mei 2024 melaksanakan kegiatan kuliah dosen tamu dengan tema “Pemanfaatan Web-GIS untuk Media Pembelajaran Geografi”. Kuliah dosen tamu mendatangkan Fajrin, M.Si, yang merupakan dosen Program Studi Teknik Geodesi dari Institut Teknologi Padang. Beliau merupakan pakar terkait Arcgis dan Geography Information System. Pada kesempatan kali ini beliau akan memberikan materi terkait pengaplikasian Web-GIS sebagai media pembelajaran Geografi.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, muncul berbagai inovasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya adalah Geographic Information System (GIS). GIS merupakan sistem yang dirancang untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, mengelola, dan menyajikan data geospasial. Narasumber memaparkan, dengan memanfaatkan teknologi GIS, konsep-konsep geografi dapat disajikan secara lebih interaktif dan dinamis, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan.

Web-GIS adalah salah satu implementasi dari GIS yang berbasis web, memungkinkan akses dan interaksi dengan data geospasial melalui internet. Pemanfaatan Web-GIS dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Melalui Web-GIS, siswa dapat melakukan eksplorasi data spasial, menganalisis pola-pola geografis, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mahasiswa juga diberi tahu tentang sumber data yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa sebagai calon guru geografi dapat membuat pembelajaran geografi lebih menarik dan membuat media pembelajaran yang bervariasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis Web-GIS.

About hutririzki amelia

Check Also

Workshop Penulisan Artikel Jurnal Berbasis Keilmuan Program Studi

Prodi Pendidikan Geografi  menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Berbasis Keilmuan Program Studi bertempat di Aula …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *