PKKMB Prodi Pendidikan Geografi UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2024

Prodi Pendidikan Geografi Fakutas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau dan HMPS Pendidikan Geografi mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 14 dan 15 September, 2024.  Kegiatan dilaksanakan di lantai II Gedung Kembar. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru, HMPS Pendidikan Geografi, perwakilan DEMA FTK, dan para dosen Prodi Pendidikan Geografi.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru yang diselenggarakan HMPS Pendidikan Geografi. Tujuannya adalah membantu mahasiswa baru mengenal lingkungan kampus, budaya akademik, nilai-nilai, dan norma yang berlaku di perguruan tinggi tersebut. Dalam kegiatan ini mencakup sesi pengenalan dengan dosen, kode etik mahasiswa, tata cara perkuliahan, sistem penilaian, serta fasilitas kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, dan organisasi mahasiswa.

PKKMB mengangkat nilai-nilai nasionalisme, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial untuk membentuk mahasiswa yang berkarakter, peduli, dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan ini juga memberi informasi tentang berbagai organisasi mahasiswa dan komunitas di kampus, sehingga mahasiswa baru dapat mengembangkan minat dan bakat serta keterampilan non-akademik mereka. PKKMB dirancang untuk memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa baru dalam menempuh perjalanan akademik mereka dengan sikap yang baik dan siap berperan aktif dalam kehidupan kampus.

Kegiatan hari pertama diawali dengan laporan kegiatan oleh ketua HMPS, M Zidan Helmanesa. Kemudian acara dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Pendidikan Geografi, Dr. Muslim, M.Ag. Dalam sambutannya Kaprodi memperkenalkan secara singkat tentang program studi Pendidikan Geografi, mencakup visi, misi, dan kompetensi yang akan dikembangkan selama masa studi serta kode etik mahasiswa. Ia juga menyampaikan harapan agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan baik di dunia akademik, menjaga etika, dan menjunjung integritas selama studi.

Di akhir kegiatan PKKMB para mahasiswa baru juga mendapatkan buku kode etik mahasiswa. Pembagian buku kode etik ini penting untuk memastikan semua mahasiswa memahami dan berkomitmen pada nilai-nilai dan aturan yang berlaku, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan penuh rasa saling menghargai.

About hutririzki amelia

Check Also

PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI UIN SUSKA RIAU KEMBALI MELAKSANAKAN KEGIATAN KULIAH DOSEN TAMU

Guest Lecturer Program adalah agenda akademik yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Geografi FTK UIN Sultan Syarif Kasim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *